Wirausaha: Gunakan Internet Untuk Dongkrak Penjualan

Saat ini Internet berkembang pesat dan pemakainya semakin meningkat tajam. Diperkirakan pemakai Internet dunia mencapai 1,9 miliar orang, tahun 2011 di Indonesia sudah hampir 55 juta pemakai Internet.

Aktivitas Internet merupakan hal biasa yang kita jumpai di setiap kantor dan rumah. Baik dari anak kecil sampai dengan dewasa berkisar umur 40-an, tiap hari mengakses Internet.

Efektif dan efisien = Internet

Cara pemilihan media yang paling efektif dan efisien saat ini menjadi pertimbangan utama para pengambil keputusan di bidang sales dan marketing. Banyak media yang dapat dipakai untuk mengkampanyekan produk anda.

Salah satu yang murah, cepat dan menjangkau seluruh Indonesia bahkan dunia adalah Internet (online). Penggunaan Internet jelas sangat efisien jika anda dapat mengkampanyekan web anda yang ada di Internet.

Anda bisa menjangkau seluruh masyarakat Indonesia dan dunia. Juga anda dapat memasang iklan dan promosi lewat web anda selama 24 jam sehari tanpa batas non stop.

Pola pelanggan berubah

Cara seseorang dalam mencari suatu produk sudah berubah dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Untuk mencari produk atau perusahaan yang diinginkan,  seseorang  mencari juga di Internet lewat Google atau Yahoo.

Saya sendiri waktu akan mencari hotel di Puncak Bogor, saya mencari di Internet. Waktu akan bekerja sama dengan konsultan, saya mencarinya lewat Internet. Berbagai produk Internet seperti: web, blog, toko online, email newsletter, komunitas online dan jaringan sosial (social network) dapat anda pakai untuk memasarkan produk anda.

Calon pelanggan dapat membandingkan produk anda dengan kompetitor.

Calon pelanggan anda dapat dengan mudah membandingkan produk yang anda jual dengan produk lain. Mereka tinggal ketik di Internet, kemudian produk anda dapat dalam waktu 10 menit dibandingkan dengan produk lain.

Mereka akan membandingkan dari sisi feature, harga sampai dengan purna jual. Jika produk anda tidak terdapat di Internet, dan mereka tertarik dengan produk lain yang dipasang di Internet, maka jelas mereka akan membeli produk lain, bukan produk anda.

Prosedur mendapatkan pelanggan di Internet

  1. Bangun website bisa berupa: website, blog, atau komunitas online. Yang paling penting adalah di web anda berisi: produk yang menarik, ada fungsi otomatis dimana pengunjung dapat meninggalkan alamat email, no HP dan otomatis web anda menjawab email serta web otomatis memberikan informasi detail tentang produk yang pengunjung cari.
  2. Kampanyekan / promosikan website dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization) ke target market anda, saat ini banyak sekali tenaga profesional untuk mengkampanyekan / mempromosikan web, agar web anda dapat muncul di halaman pertama saat orang mencari produk anda di Google / Yahoo.
  3. Follow up lah para pengunjung  web anda, bisa lewat email atau lewat telephone.
  4. Tutup jual, lakukan penutupan penjualan dari calon pelanggan anda.

Jika Anda ingin tahu informasi ini lebih lanjut segera hubungi ActionCOACH di (021) 290 366 28, tim kami akan segera membantu Anda. (sumber : AntaraNews)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: