Menjadi Kaya Cara Islam

Menjadi kaya adalah impian semua orang. hampir semua makhluk hidup yang normal menginginkan hidup menjadi orang kaya. Sehingga memunculkan perlombaan antar manusia untuk bisa sukses. Menjadi kaya dalam Islam bukanlah dosa, malah dianjurkan, tapi tentu saja dengan cara-cara yang halal. Kemiskinan hanya mendekatkan diri kepada kekufuran.

Untuk menjadi kaya, tentu saja ada aturan main yang baik dan halal. Allah menyukai orang-orang yang senantiasa berada di jalan yang lurus. Mencari kekayaan ataupun rezeki sesuai dengan tuntutan Al-Quran sesuai dengan Firman Allah yang mengatakan bahwa manusia harus bertebaran di muka bumi untuk mencari rezekinya.

Ada juga ayat lain yang menerangkan bahwa manusia harus selalu berusaha dan tidak pantang menyerah untuk mencari kehidupan yang lebih baik karena kemiskinan sangat dekat dengan kekufuran.

Menjadi Kaya Cara Islam

Islam adalah agama yang sesuai dengan fitrah manusia. Di dalamnya pun ada ajaran untuk bekerja dengan baik di dunia, dan mengimbanginya dengan beribadah untuk akhirat. Oleh sebab itu, Islam pun mengajarkan cara yang baik untuk menjadi kaya, di antaranya dengan cara berikut.

  • Menjaga Tali Silahturahmi

Tahukah Anda bahwa tali silahturahmi itu akan mengundang rezeki. Berapa banyak di dunia ini orang-orang sukses karena menjalin banyak link dengan berbagai macam orang. Orang-orang yang dapat menjaga tali silahturahmi akan dibukakan rezekinya.

Kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Oleh sebab itu, dibutuhkan silahturahmi untuk saling menjaga dan saling berkomunikasi. Biasanya orang yang kaya akan memiliki jalur link yang banyak, dan itu hanya bisa didapatkan dengan menyambung jalinan tali silaturahmi.

  • Menabung

Tahukah Anda bahwa hidup berhemat akan membawa Anda ke arah kesuksesan. Menghemat bisa dilakukan dengan menabung hasil keringat sedikit demi sedikit. Islam sangat tidak suka dengan manusia yang berfoya-foya dan boros, tetapi lebih mengedepankan hidup sederhana.

Arti sederhana bukan berarti miskin, namun hidup apa adanya dengan memikirkan kehidupan ke depannya kelak. Kita tidak bisa berfoya-foya bila diujung nanti akan kesulitan dan dililit utang. Namun berhemat jangan juga disamakan dengan bersikap pelit, karena dua hal tersebut tentu saja berbeda. Islam menyukai orang yang bersikap hemat dan tidak berfoya-foya, namun Islam membenci orang yang kikir dan pelit.

  • Berinfak dan Membayar Zakat

Islam mengajarkan infak dan zakat di dalam hidup, karena di dalam harta yang kita dapatkan ada hak orang lain. Dengan mengeluarkan hak orang lain, kita akan terbiasa untuk memberi, sehingga hati kita tidak menjadi sempit. Di dalam hati kita tercipta kelapangan. Masalah sebesar apa pun dengan kelapangan hati semua bisa diatasi.

Allah sudah menjanjikan bila kita rajin berinfak dan membayar zakat, maka rezeki kita pun akan dimudahkan, dan janji Allah itu pasti. Jadi, jangan takut berinfak atau membayar zakat. Tidak ada ceritanya orang yang sering berinfak dan membayar zakat jadi jatuh miskin.

Itulah sekelumit cara Islam agar kita menjadi kaya. Kaya di sini bukan hanya terbatas pada harta, namun cakupannya bisa luas sampai ketenangan jiwa dan kelapangan hati. Jadi, kayalah Anda dalam harta dan dalam kelapangan hati.

sumber : http://www.anneahira.com/menjadi-kaya-dalam-islam.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: