Masjid dan Pasar (bagian-1)

Masjid dan Pasar

Setiap ada pembangunan kawasan perumahan, kaum muslimin biasanya hanya berpikir untuk membangun masjid. Tidak ada sedikitpun berpikir untuk membangun pasar. Padahal institusi pasar ini sangat penting sebagaimana Rasulullah Saw ketika hijrah ke Madinah, yang pertama dibangun adalah masjid, kemudian berikutnya adalah pasar bagi kaum muslimin.

Begitupun zaman Khalifah Umar bin Khattab ra, masjid dan pasar mendapat perhatian yang besar sehingga perencanaan keduanya nampak dalam setiap pembangunan kota. Umar memerintahkan agar di setiap kota dibangun masjid dan pasar. Masjid sebagai pusat aktifitas peribadatan dan keilmuan sedangkan pasar sebagai pusat perdagangan.

 

Diriwayatkan ketika Amr bin Ash mengirimkan surat kepada Umar untuk memberitahukan rencana membangun rumah untuk khalifah, maka Umar menulis surat kepadanya agar tempat tersebut dijadikan pasar bagi kaum muslimin. (Jaribah bin Ahmad al-Haritsi, Al-Fiqh al-Iqtishadi, li Amiril Mu’minin Umar bin Khaththab)

Pendirian, Pengaturan dan Pengawasan Pasar

Perhatian Umar bin Khatthab ra mulai dari pendirian pasar, pengaturan dan pengawasannya. Dari sisi pendirian, Umar memerintahkan untuk mendirikan pasar untuk umat Islam di setiap tempat yang ditinggali umat Islam, maka rencana pasar sesuai dengan rencana tempat tersebut.

Dari sisi pengaturan dan pengawasan pasar, Umar mempunyai perhatian yang besar terhadapnya. Umar berkeliling berkeliling sendiri di pasar-pasar untuk mengawasi transaksi di dalamnya, padahal dia adalah seorang khalifah.

Beliau membawa tongkatnya untuk meluruskan penyimpangan dan menghukum orang yang menyimpang. (Ibnu Sa’ad, ath-Thabaqat al-Qubra 5/43-44, Ibnu Hajar, al-Ishabah 4/143, Al-Muttaqi al-Hindi, Kanzu al-Ummal fi Sunan al-Aqwal wa al-Af’al 5/815)

Umar juga menunjuk para pegawai untuk mengawasi pasar (muhtasib). (ibnu Abdul Barr, Al-Isti’ab 4/341), Ibnu Hizam, Al-Mahalla 8/527, Ibnu Hajar, al-Ishabah 8/202)

One Comment to “Masjid dan Pasar (bagian-1)”

  1. sungguh mantap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: